Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview

Tambah.info - Disaat kalian melamar suatu pekerjaan. Sering sekali kita ragu apakah sesuai dengan kriteria Perusahaan tersebut. Lalu bakal muncul dibenak kita apa saja pertanyaan yang bakalan muncul saat sesi wawancara dimulai. Tentu saja semua pelamar pekerjaan, pasti ingin lolos dalam tahap wawancara. Simak berikut ini Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview.

Pertanyaan saat interview atau wawancara, kebanyakan hampir sama semua. Jadi tim dari Tambah.info bakal merangkumnya menjadi beberapa bagian, supaya kalian bisa mempersiapkan jawaban, saat sesi wawancara dimulai. Atau kalian bisa mempersiapkanya dulu dirumah sambil menghadap cermin supaya lebih afdol :)

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview


Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview

Sebelum memasuki ruangan interview disarankan berdoa dahulu, beri kesan dan sambutan yang baik, lalu usahakan pandang mata HRD atau orang yang melakukan test wawancara. Posisikan duduk dengan baik dan siapkan mental anda.

Penggambaran Diri

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Sesi pertama adalah pengenalan diri. Kamu akan dipersilahkan untuk mengenalkan diri anda dengan baik. Hati-hati saat melakukan pengenalan diri, berikan gambaran yang positif tentang diri anda. Karena suatu perusahaan bakal mencari calon pekerja dengan karakter yang kuat dan positif.

Hobi

Hobi apa yang anda sukai! Jangan salah persepsi dahulu, pertanyaan ini bukan pertanyaan untuk mencairkan suasana, tapi juga menentukan gambaran diri anda, sesuai point yang diatas. Pertanyaan hobi biasanya disesuaikan dengan cocok atau tidaknya, kebiasaan hobi yang ada di perusahaan tersebut.

Informasi Tentang Perusahaan

Ini adalah pertanyaan terpenting dalam tahap wawancara, kamu harus mengetahui detail Perusahaan yang kamu lamar secara mendetail. Kamu bisa mencari informasi tentang perusahaan tersebut di Google, atau teman kamu yang sudah bekerja disana. Jadi siapkan dulu informasi yang lengkap tentang perusahaan yang kamu lamar dengan detail ya.

Ketertarikan Bergabung di Perusahaan

Jelaskan Mengapa anda tertarik bergabung di perusahaan ini! Jangan terkecoh ya! Ini juga salah satu pertanyaan jebakan. Jadi usahakan jawab dengan jawaban yang positif seperti " Ingin berkontribusi lebih baik Sesuai dengan latar pendidikan saya". Jangan jawab dengan " Suasana kerja nyaman dan gaji tinggi". 

Riwayat Pekerjaan

Riwayat kerjaan pasti bakal ditanyakan saat kamu melamar pekerjaan. Perusahaan ingin mengetahui prestasi apa saja yang kamu raih di perusahaan sebelumnya. Buktikan dengan mendetail apa saja yang telah kamu raih dengan baik diperusahaan sebelumnya.

Mengapa Berhenti

Ini pertanyaan berat menurut tambah.info. Karena jika kalian salah menjawab bisa mempengaruhi nilai kamu saat wawancara tersebut. Jangan memasukkan masalah pribadi sebagai alasan mengapa berhenti dalam pekerjaan. Pastikan alasan karena sesuatu yang profesional. Pastikan juga bukan karena konflik intern. Utamakan kamu menjawab " Ingin Mencari Posisi yang Lebih Bagus Untuk Berkembang Sesuai Bakat dan Pendidikan"

Kenali dan Pahami Posisi yang Dilamar

Kenali pekerjaan yang bakal kamu lamar. Ini sangat penting juga, karena nanti berkaitan dengan tugas pekerjaan yang bakal kamu kerjaan di Perusahaan tersebut. Mencari informasi lebih diutamakan dalam hal ini.

Planning Kedepan

Perusahaan tidak menginginkan pekerja yang kutu loncat, atau pekerja yang bergonta gati perusahaan. Jawab dan uraikan tujuan jangka panjang. Jawab dan pikirkan dengan matang arah jangka panjangnya, dan jangan jawab dengan jawaban yang sederhana.

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview



Gaji

Berapa Gaji yang diinginkan! Merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Jadi disarankan gunakan banyak metode dan ilmu yang lebih. Seperti Standar gaji perusahaan, Standar gaji UMK didaerah Perusahaan. Kenali juga point-point seperti Pengalaman pekerjaan, tingkat kesulitan pekerjaan.Pastikan dijawab sesuai expetasi anda.

Lembur

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview terakhir Pasti ada pertanyaan " Bersedia Lembur!" Pertanyaan ini merupakan pertanyaan untuk mengetahui komitmen anda dan loyalitas kepada perusahaan. Jika kamu bersedia lembur, pastikan jam lembur masih dalam batas toleransi. Jawab juga tanpa basa basi ya!

Nah! Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview diatas silahkan dipelajari dengan baik ya. Semoga bermanfaat :)




Posting Komentar untuk "Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview"