Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan

Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan. Dokumen yang akan dilampirkan saat mengirim lamaran kerja sudah siap, diri anda juga sudah siap untuk melamar kerja. Anda sudah memastikan bahwa tidak ada lagi hal yang tertinggal, namun anda mulai bingung kapan waktu yang tepat untuk melamar kerja. Apakah memang ada waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan?

Jawabannya adalah ya, memang ada waktu yang disarankan para ahli untuk melamar kerja. Dengan mengirim lamaran pekerjaan pada waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang anda dan kemungkinan besar lamaran pekerjaan anda akan dibaca oleh pihak HRD. Tentunya demi mendapatkan pekerjaan yang diinginkan maka sang pelamar kerja akan berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan peluang diterimanya lamaran pekerjaan. 

Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan


Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan


Jadilah pada tips kali ini akan membahas waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan. Kapan saja waktu yang tepat bagi anda untuk melamar kerja? Berikut informasi detailnya :

1.Kirim lamaran pekerjaan saat lowongan kerja baru/belum lama dipublikasikan


Yap, waktu ini adalah salah satu yang sangat tepat untuk mengirim lamaran kerja. Jika anda mencari pekerjaan melalui situs lowongan pekerjaan dan menemukan ada lowongan pekerjaan yang baru saja muncul, maka sebaiknya anda segera untuk menyiapkan dokumen dan mengirim lamaran pekerjaan.

 Tentunya waktu ini adalah waktu yang baik karena saat lowongan pekerjaan baru dipublikasikan maka pesaing yang melamar kerja juga belum banyak sehingga meningkatkan kemungkinan lamaran kerja anda akan dibuka dan dibaca lebih cepat.

2.Pada Hari Senin

Berdasarkan studi dari bright.com yang merupakan situs pencari kerja menggunakan algoritma komputer, menemukan bahwa pelamar memiliki kemungkinan lebih besar untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Dari LinkedIn juga mengatakan bahwa hari senin adalah hari yang tepat untuk melamar kerja. Hal ini karena hari senin biasanya HR Manager mulai menyiapkan deskripsi lowongan pekerjaan. 

Dengan dipublikasikannya lowongan pekerjaan pada hari senin menjadi waktu bagi anda untuk segera melamar kerja agar lamaran pekerjaan anda memiliki kesempatan untuk dibaca lebih cepat dan memiliki kesan serius ingin melamar kerja.

3.Kirim lamaran pekerjaan pada pagi hari


Mengapa waktu pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan? Karena pada waktu pagi hari rekruter mulai bekerja dan belum mulai terlalu sibuk dengan tumpukan pekerjaan, sehingga bisa saja lamaran pekerjaan anda akan cepat dibaca oleh rekruter jika anda mengirimnya pada pagi hari. Waktu yang ideal untuk mengirim lamaran pekerjaan yaitu sekitar jam 07.00-10.00 pagi.

4.Kirim lamaran pekerjaan sebelum jam 3 sore

Jika anda tidak sempat bangun pagi karena beberapa hal, maka pastikan anda bangun secepat mungkin pada siang hari untuk melamar kerja. Mengirim lamaran pekerjaan sekitar jam 13:00 siang juga salah satu waktu yang tepat, Pada waktu ini biasanya waktu jam makan/istirahat siang telah selesai sehingga rekruter baru akan kembali bekerja. Saat itulah kemungkinan lamaran pekerjaan anda akan dilihat dan dibaca lebih cepat, tetapi jika sudah mendekati jam 15:00 sore atau bahkan lewat sebaiknya hindari untuk mengirim lamaran pekerjaan.

Hal ini dikarenakan waktu tersebut adalah waktu sibuk dan mendekati puncak kecapaian, juga besar kemungkinan lamaran pekerjaan anda akan tertumpuk dengan lamaran pekerjaan yang lain sehingga mengecilkan peluang lamaran pekerjaan anda dibaca oleh rekruter. Maka dari itu jika waktu sudah melewati jam 15:00 sore, sebaiknya anda menunggu esok pagi untuk mengirim lamaran pekerjaan.


Itulah beberapa waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan. Dengan melamar kerja pada waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang anda untuk diterima ke tahap selanjutnya. Hal ini juga bisa menjadi pembiasaan bagi anda untuk mulai bangun teratur agar bisa terbiasa dengan jam kerja nantinya.

Posting Komentar untuk "Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan"