Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Layar Super Amoled Agar Tidak Burn IN

Tambah.info - Disini saya bakal memberikan sedikit arahan buat kalian yang Umumnya merupakan pengguna hp Samsung dan pengguna layar Nomor satu Amoled juga. Jadi tutorial ini bisa diterapkan di semua layar super amoled, cuman karena kebanyakan jenis layar super amoled diterapkan di samsung yaudah ditulis admin samsung saja.

Mungkin beberapa dari kita sudah sempat merasakan layar menjadi Burn in atau istilah mudahnya terdapat perbedaan warna pada layar atau monitor ponsel kamu. Umumnya muncul di pengguna smartphone ditunjukkan dengan adanya garis (bukan hitam) yang kelihatan seperti bergradiasi. Sederhananya ada kondisi dimana gambar atau icon tertentu tertinggal di layar.

Cara Merawat Layar Super Amoled


Apa itu Layar Amoled

AMOLED singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, dikeluarkan oleh pihak samsung. Teknologi yang dipakai adalah teknologi OLED active matrix TFT LCD konvensional, salah satu keunggulannya adalah membuat layar warna video dan foto lebih stabil, sehingga lebih cerah dan lebih tajam dan rendah konsumsi daya.

Teknologi layar AMOLED menggunakan teknologi layar OLED (Organic Light Emitting Diode) yaitu layar lcd yang memiliki tingkat ketajaman bagus tapi rendah konsumsi daya. Jadi oled amoled atau teknologi oled yang dipasang di amoled.

Perbedaan Layar Amoled dan Layar IPS

Sebenarnya kedua layar ini bagus sekali jika diterapkan di semua smartphone android, dan memiliki sedikit kelemahan saja, kalau amoled diusung dari Samsung dan IPS sering dipakai di iPhone.

Salah satu perbedaannya adalah Kontras IPS lebih rendah dibanding AMOLED. Bisa kamu bandingkan saat kamu membuka warna full hitam dan full putih hasilnya tidak 100% bagus warnanya, kalo admin lihat sih hitamnya kurang pekat.

Karena sistem kecerahan layar pada amoled pada saat warna gelap adalah mematikan pixel yang diperlukan untuk membuatnya .

Cara Merawat Layar Super Amoled


Cara Merawat Layar Super Amoled Agar Tidak Burn In

Nah disini admin tambah.info akan memberikan sedikit petunjuk buat kalian, cara menghindari Layar Super Amoled kalian tidak cepat Burn In, cara mengatasinya adalah :

  1. Pastikan Brightness tidak lebih dari 50%, bisa memanfaatkan manual Brightness, maka dapat diatur pencahayaannya. (Matikan Adaptive Brightness) ;
  2. Hindari hubungan sinar matahari langsung pada monitor handphone kita, seminimal mungkin untuk tidak melakukan pertalian monitor dengan sinar matahari. Jangan sampai( biarkan hape kita curhat dengan matahari, hehehe) ;
  3. Seringlah mengganti wallpaper pada monitor handphone kalian, agar warna yang dikeluarkan oleh monitor Amoled tidak melulu dapat satu tipe saja. (Pasang aja photo mantan, biar awet kenangannya. Hehehe) ;
  4. Bagi yang terdapat Always on Display, agar diatur penayangannya pada handphone kalian. Atur-aturlah jam tayangnya, agar tidak melulu tampil pada monitor handphone kalian ;
  5. Seandainya ada tema gelap, saya sarankan memakai tema gelap tersebut, sebab tidak hanya meminimalisir cahaya yang dihasilkan oleh monitor Amoled, nyatanya cara ini adalah paling jitu mengurangi terjadinya Burn in. Kalau tidak ada thema gelap setidaknya bisa menggunakan wallpaper dengan warna hitam
Sekian anjuran dari saya, bagaimanapun prosesnya kita memanfaatkan gadget, saya harap tidak berlebihan. Pergunakan waktu paling baik kita berinteraksi dengan orang sekitar, senantiasa ingat bahwa ponsel pintar fungsinya ialah memudahkan kita dalam menjelajah dunia & pengetahuan, selebihnya kita tetaplah manusia yang tercipta sebagai makhluk sosial.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat Layar Super Amoled Agar Tidak Burn IN"