Menangani Apa Saja Dokter Penyakit dalam di SehatQ

Dokter Spesialis Penyakit atau disebut juga Internis adalah Dokter yang menangani penyakit dalam dan sistem organ. Internis jarang diketahui oleh penduduk yang masih awam, mereka terbiasa dengan sebutan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Mayoritas pasien akan mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam dahulu sebelum berlanjut ke dokter yang lebih spesialis lagi. Seperti contoh jika pasien A terkendala Jantung, Maka pasien tersebut diarahkan untuk ke Dokter Spesialis Jantung

Dokter Penyakit Dalam

Peran Dokter Spesialis Dalam

Dokter Spesialis Biasanya bertugas mendiagnosis yang berhubungan dengan organ dalam manusia.

Kapan Kamu Harus Mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Kamu hendaknya mendatangi Dokter Penyakit Dalam dikala merasakan keluhan di berbagai bagian tubuh. Berikut waktu yang pas buat mendatangi Dokter Penyakit Dalam:

1. Sakit perut

Sakit perut dapat diakibatkan oleh bermacam perihal, mulai dari

ketegangan otot perut sampai peradangan virus. Hendaknya, lekas kunjungi Dokter Penyakit Dalam apabila sakit perut yang Kamu alami lumayan parah serta tidak reda dengan obat- obatan leluasa.

Indikasi yang timbul merupakan rasa perih yang telah sangat parah ataupun perut yang telah sangat lembut dikala dijamah. Penyakit kronis semacam apendisitis serta kanker pula dapat menimbulkan sakit perut.

Seseorang Dokter Penyakit Dalam hendak menolong Kamu buat memastikan pemicu dari rasa sakit tersebut. Pemicu sakit perut yang bertabiat gastrointestinal ataupun aspek yang lain hendak memerlukan penindakan yang berbeda.

2. Nyeri dada

Satu perihal yang sangat seram dari perih dada merupakan serangan jantung. Tetapi, bukan berarti seluruh indikasi perih dada tentu diakibatkan oleh penyakit jantung. Indikasi ini dapat mencuat sebab permasalahan paru- paru ataupun sistem gastrointestinal. Meningkatnya asam lambung pula dapat menimbulkan perih dada yang sangat mengusik.

Kamu butuh mendatangi Dokter Penyakit Dalam buat mengenali pemicu yang berlangsung dari nyeri dada tersebut. Dokter Penyakit Dalam hendak menolong Kamu buat mendiagnosis permasalahan tersebut serta melaksanakan penindakan dini.

Penanganan yang dilakukan internis
Dokter internis akan menanyakan kondisi kesehatan secara umum dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Lalu, dokter akan memeriksa tanda-tanda yang ada di organ tubuh untuk mendapatkan gambaran medis tentang kondisi tubuh.

Berikut adalah penanganan medis yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam:

  • Pemeriksaan fisik
  • Mendengarkan detak jantung dan suara-suara lain yang tidak biasa di dalam tubuh
  • Mendengarkan napas dan bunyi jantung apakah ada kelainan
  • Memeriksa mata
  • Memeriksa telinga
  • Memeriksa hidung
  • Memeriksa mulut
  • Memeriksa tenggorokan
  • Memeriksa kulit dan kuku

Jika Anda sudah pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis lain, internis akan berkonsultasi dengan dokter tersebut untuk memberikan penanganan selanjutnya. Hal ini juga termasuk dari penggunaan obat yang sudah pernah diberikan.

Internis akan memberikan Anda beberapa saran untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mereka juga akan memeriksa kesehatan mental dari pasiennya untuk mendeteksi masalah kesehatan mental, seperti depresi, lebih dini.

Perbedaan internis dan dokter umum

Internis dan dokter umum dapat bekerja sama menangani pasien yang sama. Keduanya merupakan dokter perawatan primer. Namun, ada perbedaan mendasar dari dua dokter ini. Internis menangani penyakit lebih spesifik dan tindakan yang dilakukan lebih expert dibandingkan dengan dokter umum.

Pada awal mulanya, Anda dapat mengunjungi dokter umum terlebih dulu. Nantinya, jika pengobatan yang dilakukan oleh dokter umum membutuhkan perawatan yang lebih intensif, ia akan merujuk Anda ke dokter spesialis penyakit dalam sesuai dengan keluhan yang Anda alami.

Pemeriksaan tersebut bisa berhenti di internis, atau ia juga mungkin merujuk Anda lagi ke dokter spesialis penyakit dalam yang telah mengambil subspesialisasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jika kamu membutuhkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan masih bingung tentang dimana Rekomendasi Rumah Sakitnya. Kamu bisa menggunakan Aplikasi SehatQ atau mengunjungi website SehatQ. Disana kamu bisa janji temu dengan dokter, bisa mengetahui Rumah Sakit yang ada Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Kamu bisa juga setting lokasi terdekat dan menyesuaikan jadwal yang pas dengan posisi longgar kamu

Tinggalkan komentar