Saat ini, bermain handphone telah menjadi rutinitas. Tua, muda, anak-anak, lelaki atau wanita, seakan tidak dapat terlepas dari handphone dalam kehidupan setiap hari. Itu mengapa, Anda harus mengenali langkah aman bermain handphone.

Banyak yang tidak menyadari, telah terlalu lama bermain handphone. Bermain handphone tanpa ketentuan waktu, dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Ada banyak bahaya yang mengincar Anda sebagai karena kelamaan bermain handphone, satu salah satunya kerusakan pada mata atau pandangan.

Harus dipahami, rutinitas memakai handphone kelamaan bisa memacu dampak jelek pada kesehatan mata. Anda dapat alami sindrom mata kering, rabun jauh (miopia), mata capek, atau degradasi sel retina

Dengan demikian, Anda harus arif dalam pemakaian handphone setiap hari membuat perlindungan kesehatan mata Anda.

Cara Aman Bermain Gadget agar Tidak Merusak Mata

Berikut ini ada ada cara aman bermain gadget agar tidak merusak mata, yang dapat mencoba Anda aplikasikan dengan baik.

istirahatkan mata

Istirahatkan mata sekerap kemungkinan

Istirahatkan mata Anda minimal tiap 20 menit sekali saat memakai handphone secara terus-terusan.

Mengambil waktu sekitaran 20 detik untuk menyaksikan terlalu jauh dalam radius sekitaran 20 kaki atau enam mtr.. Dengan lakukan ini, Anda akan istirahatkan mata sekalian membuat mata supaya tidak bekerja terlampau berat.

alarm jam , batasi pemakaian

Batasi waktu pemakaian

Jauhi pemakaian terlalu berlebih dan awasi waktu pemakaian handphone. Misalkan, pakailah aplikasi untuk membatasi pemakaian sosial media di handphone Anda jadi maksimum satu jam sehari-harinya.

Buat ketentuan berapa lama Anda bisa main handphone di aplikasi itu. Jika sudah satu jam, misalkan, akan ada peringatan di monitor handphone, dan Anda harus selekasnya stop memakai handphone itu.

kamu bisa menggunakan alarm dari jam tangan maupun jam ponsel di atur berulang-ulang.

jarak ponsel

Menjaga jarak dengan handphone

Tidak boleh pakai ponsel dalam jarak yang terlampau dekat. Seharusnya, berikan jarak sekitaran 30-45 cm di antara monitor handphone dan mata Anda.

Bila terlampau dekat, sinar dan cahaya biru pada gawai bisa membuat mata bekerja semakin berat, Anda gampang alami sakit di kepala, mata juga jadi gampang kering.

Janganlah lupa berkedip-kedip

Saat bermain handphone terlampau serius, misalkan saat sedang main games atau membaca suatu hal yang hebat, Anda kemungkinan dapat lupa untuk pejamkan mata.

Untuk menahan masalah pada mata (seumpama mata kering atau gatal) yang terjadi karena kelamaan main handphone, upayakan berkedip-kedip beberapa saat sekali.

Berkedip-kedip ialah proses yang dibuat oleh badan kita untuk jaga keadaan mata masih tetap basah dan terlindung. Sering-seringlah berkedip-kedip saat Anda lakukan tugas yang memerlukan fokus mata dalam periode waktu yang lama.

Pejamkan mata

Pejamkan mata sepanjang minimal 30 detik, bisa menolong menebarkan air mata untuk melapis semua permukaan mata.

Dengan begitu, mata masih tetap basah dan tidak jadi kering. Karena itu, mulai pejamkan mata Anda saat mulai terasa gatal dan kering saat main handphone.

Pijat pojok mata secara halus

Anda bisa juga memijat sisi pojok mata untuk menangani mata capek sesudah lama memandang monitor handphone.

Pertama, yakinkan Anda membersihkan tangan dengan bersih. Kemudian, coba untuk memijat sisi pojok mata dekat hidung dengan pergerakan memutar secara halus.

Pijatan ini bisa memperlancar saluran air mata di alirannya. Ke orang yang mempunyai kisah mata kering, ini dapat benar-benar menolong.

Tidak boleh pakai sinar terlampau jelas

Panduan lain main handphone, terutamanya di ruang gelap, tidak boleh memakai sinar yang terlampau jelas. Redupkanlah sinar di monitor handphone Anda serendah kemungkinan supaya mata tidak bekerja terlampau keras.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.