Apa anda mempunyai permasalahan pada hardisk di PC atau netbook? Ini hal yang lumrah jika harddisk kalin mengalami bad sector. Tak perlu cemas, kenali apa pemicunya lebih dulu untuk membenahi hardisk bad sector.

Yang harus dipahami, bila hardisk bad sector hingga mengakibatkan hancur, karena itu data yang anda taruh akan lenyap. Walau bagaimanapun anda tak perlu cemas karena ada langkah membenahi hardisk bad sector secara mudah.

Saat sebelum mengulas langkah membenahi hardisk bad sector, kami sedikit akan menerangkan apa sebetulnya bad sector itu? Bad sector ialah sebuah istilah yang kerap dipakai saat hard disk hancur. Bila kerusakan terjadi karena itu menyebabkan read tidak dapat memberi respon perintah atau write dari sebuah piranti keras computer atau netbook.

Kerusakan bad sector ini dapat terjadi pada hard disk yang sejenis magnetis atau kompak state drives. Dan kerusakannya dapat disebabkan karena kerusakan fisik atau software. Nah, untuk anda yang sekarang ini mengalami bad sector pada netbook anda harus tahu lebih dulu mana bad sector yang dapat diperbarui dan yang mana tidak.

Bila netbook anda alami kerusakan bad sector secara fisik automatis kerusakannya tidak dapat diperbarui, tapi berlainan bila software anda yang hancur karena itu kerusakan itu bisa untuk dibenarkan.

Pemicu Hardisk Bad Sector

Tentu anda bertanya sebetulnya apa sich pemicu bad sector itu hancur? Sama seperti yang telah kita ulas pada ulasan di atas kerusakan bad sector itu dapat disebabkan karena bermacam langkah. Bisa saja kerusakan itu terjadi saat anda beli sebuah piranti hard disk.

Sama seperti yang kita mengetahui bila perlengkapan tehnologi itu tidak jamin kwalitasnya meskipun anda baru membeli. Karena tiap proses pembikinannya juga tidak seutuhnya prima begitu juga dengan pembikinan hard disk, tentu ada-ada saja produk yang telah alami kerusakan meskipun barang tersebut baru.

Selainnya proses produksinya yang tidak prima, kerusakan bad sector ini juga bisa disebabkan karena hard disk yang sempat jatuh. Perihal ini pula yang mengakibatkan platter yang dapat secara mudah menghancurkan bidang didalamnya.

Disamping itu, kotoran dan debu juga tidak lepas pemicu kerusakan hard disk. Bahkan juga sebuah hard disk yang berumur sekian tahun dapat secara mudah mengalmi kerusakan pada komponennya karena tak lagi kuat.

Tetapi berlainan bila persoalan kerusakan bad sector pada fisik. Karena, bila itu terjadi karena itu bad sector akan menebar luas ke piranti lunak yang lain. Misalkan, pada suatu computer yang alami mati tiba-tiba yang disebabkan karena terputusnya saluran arus listrik, itu dapat mengakibatkan hard disk jadi hancur ketika anda sedang menulis.

Disamping itu, sebuah bidang pada hard disk yang berisi data yang tidak tepat dapat mengakibatkan error correction pada codenya. Ini langsung bisa dipandang bad sector OS. Bahkan juga beberapa virus malware bisa juga mengakibatkan soft bad sector yang serang piranti hard drive.

pexels cottonbro 4705628

Langkah Membenahi Hardisk Bad Sector

Saat sebelum mengulas berkenaan bagaimanakah cara membenahi hardisk bad sector, cara pertama kali yang harus anda kerjakan ialah memeriksa lebih dulu mekanisme operasi pada windows yang telah mempunyai program sendiri. Triknya anda dapat check disk cek tool ataupun lebih dikenali dengan istilah chkdsk.

Tingkatan itu dilaksanakan untuk memeriksa disk cek yang hendak lakukan penyekenan pada hard disk anda dan mendapati sisi yang alami bad sector. Bila anda mendapati soft bad sector dengan demikian disk cek anda melakukan perbaikan agar dapat dipakai kembali.

Langkah lain untuk melakukan perbaikan anda dapat buka windows explorer selanjutnya click kanan di bagian drive yang ingin anda check. Tingkatan setelah itu click properties, sesudah menu itu terbuka anda dapat beralih di bagian tab Tools selanjutnya click tombol cek now untuk menyaksikan sisi yang eror.

Sesudah anda lakukan langkah di atas, anda dapat menyaksikan munculnya kotak diskusi sama ukuran kecil, disitu anda dua pilihan opsi yang dapat suara tentukan nanti. Apabila sudah, anda dapat ceklis untuk menyaksikan kerusakan dan membenahi bad sector yang hancur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.