Selamat malam bertemu kembali dengan website saya pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai pin processor pada mainboard yang bengkok. Pasti rekan-rekan pernah alami kasus semacam ini, umumnya karena kita salah memasangkan status processor. Hingga menyebabkan pin jadi bengkok. Seperti Gambar berikut ini.

pin prosesor bengkok

Cara Memperbaiki PIN Prosesor Di Mainboard Yang Bengkok

Pin processor yang bengkok sebenarnya tidak demikian kronis, tetapi bila kita tidak waspada dalam melempengkan ke tempat awal dapat berpengaruh pin jadi patah dan automatic processor tidak bisa teridentifikasi selanjutnya mainboard harus ditukar dengan yang baru.

Menggunakan Pinset / Penjepit

Agar tidak alami hal itu karena itu diperlukan langkah yang pas agar pin tidak patah. Langkah yang paling aman dapat memakai pinset penjepit yang ujungnya lancip dan kecil.

Menggunakan Suntikan Tinta

Kalian juga bisa memakai ujung dari suntikan tinta, dari lubang suntikan tinta ini kita masukan ke pin processor selanjutnya tinggal kita luruskan.

Peristiwa semacam ini pernah saya rasakan saat saya kurang cermat dalam memasangkan processor. Sampai pernah saya balikkan ke toko pembelian mainboard dan pada akhirnya masih tetap ketahuan karena ada pin yang bengkok toko tidak ingin memberi garansi. Sesudah saya utak atik sendiri memakai suntikan tinta pada akhirnya mainboard itu dapat hidup kembali.

Demikian pentingnya kehati-hatian dan konsentrasi dalam bekerja oleh karena itu janganlah lupa untuk istirahat dan Ngopi dahulu. Mudah-mudahan hari kita makin ceria setiap saat. Aamiin.

Tips Cara Meluruskan PIN Prosesor di Motherboard

Berikut adalah beberapa pengalaman admin sendiri dalam meluruskan PIN motherboard, terutama untuk motherboard soket H61, motherboard sejuta umat ini, silahkan dibaca pengalamannya :

  • Jangan sering menekuk berkali-kali pin tersebut, karena pin tersebut sangat rawan patah.
  • Lakukan dengan sabar dan presisi jangan sampai tekukan mengenai pin lain, yang bisa mengakibatkan konsleting

Cara Mengatasi PIN Prosesor yang Patah

Lalu bagaimana jika langkah diatas sudah kalian dengan benar tapi ternyata hoki kalian habis, dan pin prosesor sudah terlanjur patah, tambah.info memberikan trik yang bisa kalian terapkan hanya dengan menggunakan kabel LAN, berikut langkahnya :

  • Persiapkan satu kabel LAN lalu gunakan satu kabel kuningan saja, dan alat pemotong yang tajam, bisa pemotong kabel, tang potong atau gunting juga bisa, yang terpenting adalah tajam.
  • Kupas Kabel LAN sesuaikan kupasan dengan panjang PIN prosesor
  • Masukkan kabel LAN yang sudah dikupas tadi ke bagian pin yang patah, tenggelamkan sampai benar-benar kebawah
  • Tekuk sesuaikan seperti pin biasanya lalu potong kabel lan tadi sesuai dengan pin
  • Lakukan percobaan dengan menghidupkan motherboard dengan prosesor, jika belum bisa hidup, utak atik dengan menggeser kabel lan atau utak atik sedikit supaya bisa pas posisinya, lalu lakukan uji coba berkali-kali, sampai bisa hidup, ingat jika sudah bisa hidup jangan sekali-kali melepas prosesornya lagi, kerena resiko lepas dll

Syarat Ketentuan Mengatasi PIN Prosesor Patah

  • Cara ini mungkin hanya bisa diterapkan untuk mengatasi PIN patah beberapa saja, kalau saya pernah bisa menghidupkan motherboard dengan 2 PIN yang patah
  • Cara ini sangat beresiko, jadi kalian jika tidak ingin sesuatu terjadi lebih runyam, mending beli motherboard yang baru saja, karena jika antara pin satu dengan yang lain gabung, bisa-bisa prosesor kamu meledak atau korslet dan merusak hardware lainnya.

Sampai di sini dahulu posting saya berkenaan pin processor yang bengkok, sampai bertemu dengan posting saya uang lainnya. Terima kasih…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.