Tidak bisa dipungkiri, typo menjadi salah satu sahabat dekat seorang penulis. Bagi saya typo atau salah ketik sering saya lakukan setiap saya menulis artikel, entah itu di hape, di laptop maupun di komputer. Seringnya berganti-ganti device juga mempengaruhi tangan saya untuk menyesuaikan device mana yang nyaman atau cocok untuk tangan saya yang kasar ini.

Penyebab dan Alasan Sering TYPO

Banyak alasan mengapa kamu menulis typo atau salah, dari beberapa pengalaman admin tambahinfo pribadi, salah ketik atau typo bakal ditemui saat kamu :

  • Buru-buru balas chat sana-sini
  • Ponsel kamu tidak support banyak touch, di beberapa ponsel low end hanya support max hanya 2 touch saja, jadi jika kalian buru-buru mengetik, maka ponsel anda akan lambat merespon ketikan anda.
  • Ponsel kamu ghost touch. ghost touch adalah peristiwa dimana kamu tidak menyentuh atau menekan tombol atau keyboard apapun, tiba-tiba ada yang menekannya, seperti ada orang lain atau hantu yang sengaja menekannya, makanya dinamakan ghost touch. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa kamu sering typo
  • Keyboard laptop yang licin, saya memiliki laptop merk ph* (dibalik) seri 14 yang memiliki keyboard yang lumayan licin dan jarak reboundnya kurang enak buat mengetik, jadi ya begitulah
  • Telapak tangan yang menyentuh touchpad, sering kali terjadi kepada saya saat mengetik di laptop, kalau fitur touchpad tidak saya matikan , maka telapak tangan saya di bagian bawah tiba-tiba menyentuh touchpad, dan mengarahkan kursor ke lokasi yang tidak saya inginkan.
  • Keyboard PC bekas gamer : keyboard bekas gamer yang suka bermain game, pasti ada beberapa tombol yang sudah tidak enak di pencet lagi terutama di tombol AWSD, keempat tombol tersebut pasti sudah tidak ada gambar hurufnya bahkan kadang reboundnya tidak mau enak lagi

Di berbagai alasan yang masuk akal dan tidak masuk akal di atas saya coba untuk curhatkan ke beberapa teman blogger di kala saya lagi gabut, dan saya menemukan cara yang paling efisien dan paling efektif.

Karena menurut saya, jika tulisan saya sendiri lalu saya edit atau cek sendiri hasilnya mungkin akan sama saja, seperti saya mengkritik atau berkaca pada diri sendiri, dan menurut saya memang penulis dan editor itu harusnya berbeda manusia, jadi saya nulis, lalu kamu yang mengecek tata bahasa dan typonya, itu baru bener.

Cara Mengecek Typo dengan cepat

Kalau kamu tidak mempunyai editor sendiri, seperti saya yang single fighter ini, maka langkah terbaik untuk memperbaiki typo dan kesalahan penulisan yaitu ada di google docs, kalian tinggal memasukkan teks dan nanti akan di crawl secara otomatis lalu sistemnya akan memberikan solusi dari typo anda.

Cara Mengecek Typo dengan cepat dengan Google Docs

  1. Buka google docs atau melalui alamat berikut ini : https://docs.google.com/
  2. Mulai Dokumen baru, lalu masukkan artikel yang ingin di cek typo
  3. Perhatikan menu diatas, pilih Alat -> Ejaan dan Tata Bahasa -> Pemeriksaan Ejaan dan Tata Bahasa
  4. Setelah itu Sistem akan menyarankan perubahan yang bisa langsung kamu setujui atau bisa juka kamu abaikan.

Jika sudah melakukan tata cara seperti diatas maka sistem akan otomatis mengenali kata yang typo dan kata yang disarankan untuk anda seperti gambar dibawah ini :

Ketentuan

  • Cara ini hanya bisa bekerja secara maksimal jika kalian online
  • Untuk lebih akuratnya silahkan cek icon awan yang saya tandai diatas, jika seperti gambar diatas, maka sistem sudah bisa on dengan koneksi yang stabil

Kesimpulan

  • Cara ini sangat efektif untuk saya pribadi, hanya dengan menggunakan google docs saja, kita juga sudah mempunyai editor yang handal untuk mengecek typo kita secara gratis dan otomatis
  • Tapi ada beberapa hal yang sampai sekarang membuat saya bingung di bagian EYD atau bisa dibilang dibagian PEUBI, ntah kadang ada yang aneh saja, tapi several dah lumayan lah
  • Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang lain, jika kalian ingin request artike seputar website kalian bisa komentar dibawah, atau meralat ketypoan saya di artikel ini, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.