Cara Mematikan Keyboard Laptop, Bagaimana ya! Ini adalah pertanyaan yang sering aku temukan pas kalau nongkrong bersama teman untuk main bareng.

Pasti kalian tahu alasan mengapa aku harus mematikan keyboard saat main bareng! Bener banget temen-temen biasanya membawa keyboard eksternal sendiri, dengan alasan yang bermacam-macam berikut alasan menggunakan keyboard eksternal :

Alasan Menggunakan Keyboard Eskternal

  • Menjaga keyboard laptop agar lebih awet
  • Pamer keyboard warna-warni RGB
  • Feel-nya lebih enak menggunakan keyboard mecha daripada keyboard bawaan laptop

Memang kalau untuk bermain game, menurut saya untuk bermain game yang menggunakan tombol arah-arah, lebih enak menggunakan keyboard eksternal ketimbang dengan keyboard bawaan laptop, karena di beberapa laptop dengan harga menengah kebawah, lokasi atau letak tombol arah terlalu berdekatan sehingga untuk bermain game kurang nyaman.

Lalu Apa Alasan Mematikan Keyboard Pada Laptop

Pasti beberapa dari kamu bertanya tanya mengapa harus mematikan keyboard pada laptop, jelasnya adalah keyboard eksternal atau keyboard versi mecha biasanya di colokkan lalu ditaruh diatas keyboard laptop tersebut, jadi jika keyboard tersebut tidak dimatikan, maka jika kamu menekan terlalu keras keyboard eksternal tersebut otomatis kan, keyboard laptopnya akan otomatis tertekan, alhasil akan mengganggu sekali.

Cara Mematikan Keyboard laptop

Bahasa cara mematikan keyboard laptop sebenarnya kurang pas sih menurut aku, emang keyboard itu mau dibunuh :v, menurutku yang benar adalah cara menonaktifkan keyboard laptop, setuju tidak 😀

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Dengan Tombol

Cara yang paling mudah adalah mematikan keyboard dengan menggunakan tombol yang sudah tersedia di keyboard bawaan laptop tersebut, tapi ingat ya! Beda Merk Laptop beda juga fiturnya, jadi di laptop saya ada fungsi atau fitur tersebut, belum tentu ada di laptop kamu.

Biasanya fungsi itu ada di antara tombol F1-F12, biasanya ada gambar icon. Contoh saja di laptop lenovo saya ada tombol menonaktifkan touchpad dengan menekan tombol F6. Tetapi sayang di laptop saya itu tidak ada fungsi mematikan keyboard.

Untuk menekan tombol F1-F12 pun tidak sembarangan, ada beberapa merk yang mengharuskan menekan tombol Fn untuk mengaktifkan fitur tombol F1-F12 ada juga tanpa tombol Fn sudah bisa mengaktifkan Fungsinya. Jadi perhatikan dengan seksama.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Dengan Device Manager Windows 10

Cara selanjutnya adalah mematikan fungsi keyboard melalui drivernya, yaitu dengan bantuan Device Manager. Driver semua hardware terdeteksi di device manager, jadi kita juga mengaktifkan, mengupdate, disable bahkan delete driver tersebut.

Menonaktifkan Driver Keyboard Windows 10

  1. Masuk ke Device Manager, ada banyak caranya untuk masuk ke device manager. Salah satunya tekan tombol Windows+S – Ketik Device Manager – klik Open
  2. Cari Keyboard – Klik kanan – Update driver
  3. Pilih Browse my computer for driver software
  4. Pilih Let Me pick from a list available driver on my computer
  5. Hilangkan centang show compatible hardware
  6. Pilih saja yang tidak sesuai atau ngasal saja yang sekiranya tidak cocok dengan driver keyboard bawaan
  7. Nanti akan muncul warning abaikan lalu lalu pilih Yes

Detail : langkah ini sebetulnya menipu atau membuat driver keyboard menjadi salah, atau istilah sederhana membuat antara keyboard (hardware) dengan driver menjadi tidak pas atau tidak cocok, jadi crash atau rusak drivernya.

Disclaimer : hafalkan juga nama driver sertifikatnya, supaya kamu bisa gampang mengembalikan keyboard seperti semula, atau menghidupkan kembali keyboardnya. Atau biasanya setelah laptop sudah di restart maka keyboard akan otomatis bisa normal kembali, karena driver akan otomatis install lagi.

Cara Menonaktifkan Keyboard Secara Permanen Melalui Registry

Jika diatas dengan cara driver manager, kali ini aku akan coba menonaktifkannya melalui Registry / Regedit, langkah-langkahnya sebagai berikut ini :

  1. Tekan windows+R – Masukkan kata : gpedit.msc – Enter
  2. Masuk ke Computer Configuration – Buka Administrative Template > Masuk ke System
  3. Dari System – Lalu buka Device Installation.
  4. Buka menu Device Installation Restrictions. Kemudian, lihat di bagian kanan, maka di sana Anda akan mendapati banyak opsi. Klik yang Prevent installation devices not described by other policy setting – klik 2x
  5. Akan muncul jendela baru. Silakan pilih opsi Enabled, lalu klik OK.
  6. Selanjutnya, coba ulangi lagi langkah-langkah menonaktifkan keyboard seperti tutorial diatas. Jadi, ketika laptop di-restart, posisi keyboard akan tetap ter-disable. Tidak otomatis memulihkan ke driver sebelumnya.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Dengan Melepas Keyboard

Cara Paling ribet adalah, melepas soket keyboard yang ada di laptop, untuk beberapa laptop melepas keyboard bawaan laptop tergolong sangatlah mudah tinggal mencongkel pin sudah bisa lepas dengan mudah, tapi ada beberapa laptop yang tidak bisa dilepas dengan mudah seperti merk HP, dan Asus, karena sebagian besar merk tersebut menggunakan model tanam keyboard, jadi posisi keyboard berada di bawah casing laptop, bukan berada di posisi paling atas laptop.

Cara Mengembalikan Keyboard Yang Sudah Dinonaktifkan

Seperti di tutorial di atas, kalian hanya perlu restart laptop kamu, jika belum berhasil maka kamu harus mengembalikan driver yang sudah kamu rubah tadi, yaitu di driver manager – keyboard – update driver – lalu pilih driver yang sebelumnya sudah kamu ganti.

Kesimpulan :

  • Ya setelah panjang lebar dengan cara menonaktifkan keyboard laptop, pasti kalian akan memilih hal yang paling mudah, tapi juga tergantung kalian.
  • Point utamanya di bagian driver manager, kalian harus menghafalkan driver sertifikatnya, supaya bisa mengembalikan driver tersebut dengan benar
  • Jika kalian merasa belum paham silahkan tanya langsung saja di kolom komentar dibawah. tambahinfo bakal jawab kok

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.