Instagram sekarang ini semakin disukai dan terkenal khususnya di kelompok angkatan milenial. Sosial media yang satu induk dengan Facebook ini selalu mendatangkan beragam jenis feature untuk membahagiakan beberapa pemakainya. Buat yang kerap membuat video di stories-nya pasti kerap memercayakan beragam jenis filter atau feature supaya kelihatan makin menarik dan estetis. Tetapi, antara kamu tentu kerap dipusingkan jika video yang kamu unggah jadi blur atau pecah, meng-cut durasi waktu video karena hasilnya akan terpenggal, dan lain-lain? Tentu menjengkelkan kan? ! Nach, di tempat ini ada beberapa panduan video Instagram yang hendak dibagi agar tidak ketinggal untuk ikut-ikutan modern.

Format Video Untuk Instagram

Ukuran Video di Instagram Supaya Tidak Blur

Video yang blur atau pecah saat diupload ke Instagram story jadi permasalahan tehnis yang mengusik pemakainya. Hal tersebut karena Instagram punyai mekanisme kompresi video tertentu yang mereka aplikasikan saat kamu menguploadnya ke Instastory. Maksudnya untuk mengirit bandwith dan ruang area untuk menyimpan itu. Oleh karena itu, bila kualitas video yang kamu unggah tinggi, akan automatis di kompres oleh Instagram.

Walau sekarang ini telah ada beragam program ubah video dan foto di handphone, tetapi cukup banyak beberapa pemakai Instagram dan content inisiator yang pilih mengubah gambar dan video lewat computer atau desktop agar hasilnya optimal. Walau kamu mengubah video atau foto memakai piranti lain, untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal harus tetap turuti ketentuan standard dari Instagram. Dengan demikian photo dan video yang diupload hasil tidak terpenggal atau pecah. Ada banyak panduan video Instagram yang dapat kamu turuti supaya video yang kamu unggah tidak blur, hingga kamu tak perlu kerja 2x.

Tetapi hal tersebut dapat ditangani dengan ikuti panduan video Instagram di bawah ini.

Kenali Persyaratan Video Instagram

Kamu harus tahu dahulu apa pola dan detail video yang pas saat sebelum diupload ke Instagram story. Pola video yang terbagus untuk Instagram ialah MP4, dan mempunyai detail berikut di bawah ini:

  • 500 kbps bitrate untuk durasi video
  • Frame rate 30 fps ( frame per second)
  • Ukuran maksimal file 15 MB
  • Durasi waktu video Instagram optimal 60 detik
  • Durasi video Instagram 4:5 (864 x 1080 piksel)

Agar video yang ingin diupload sesuai ketetapan Instagram, lebih bagus ubah dahulu di netbook atau desktop punyamu. Ukuran di atas dapat kamu gunakan bila ingin membuat video di Instagram TV (IGTV). Namun, kamu perlu untuk sesuaikan dengan tipe videonya.

Transfer Lewat Google Drive atau Apple Airdrop Ditambah Dulu

Agar resolusi videonya tidak blur saat kamu unggah ke Instagram story, sebaiknya transfer terlebih dahulu ke Google Drive atau Apple Airdrop. Dengan demikian kamu langsung bisa menyesuaikan dengan persyaratan Instagram.

Langkah kerja Instagram tidak seperti WhatsApp, di mana bila mengirimi atau membagi video lewat WhatsApp secara automatis videonya langsung di kompres ke resolusi rendah. Itu mengapa video yang kamu saksikan di Whatsapp tidak pecah atau blur

Rekam Video dengan Camera Berkualitas Bagus

Pakai camera dengan kualitas yang baik atau HD untuk record video saat sebelum mengupload nya di Instagram story, hingga kualitas yang blur atau pecah.

Mengatur Setel Camera Handphone

Bila camera handphone kamu telah oke untuk hasilkan video atau foto yang baik. Kamu tinggal atur settingan kualitas cameranya dengan jadi resolusi terbaik.

Check Jaringan Internet

Akses internet bisa juga mengusik kualitas video Instagram saat mengupload, terutama bila memakai jaringan Wifi. Oleh karena itu, check akses internetnya apa konstan atau mungkin tidak, hingga tidak mengusik kualitas videonya.

Durasi waktu Maksimal Video di Instagram

Panduan video Instagram seterusnya ketahui berapakah durasi waktu optimal untuk mengunggah video di Instastory. Bila cuman mengunggah video ke Instagram, siapa saja dapat melakukan. Tetapi, yang menjadi masalahnya ialah Instagram batasi durasi waktu video untuk disiarkan di stories mereka tidak lebih dari 1 menit.

Lantas bagaimanakah bila ingin mengunggah video ke Instagram lebih dari 1 menit? Gampang saja, karena sebetulnya Instagram sendiri sediakan feature multiple post. Triknya semacam ini:

  • Membuka Instagram, tentukan pertanda + yang berada di sisi tengah menu bawah pada handphone.
  • Lalu mencari video yang ingin diupload
  • Bila ingin mengunggah lebih satu video di posting yang serupa, tentukan multiple post yang ada di bagian kanan bawah.
  • Selanjutnya tentukan ‘selanjutnya’ pada bagian kanan sudut atas.
  • Selanjutnya tentukan atau tambah filter sesuka hatimu ke video itu.
  • Seterusnya, kamu ditujukan untuk isi caption atau menambahkan hashtag di video itu.
  • Kamu bisa juga menambah pilihan lain seperti mengidentifikasi seseorang atau masukkan lokasi.
  • Apabila sudah usai, pencet ‘bagikan’ di pojok atas kanan pada monitor smarphone kamu.

Langkah yang lain kamu dapat pakai program tambahan seperti Inshot atau Video Converter Android.

Tools dan Program Untuk Download Video di Instagram

Jumlahnya beberapa video bagus yang diupload beberapa pemakai Instagram membuat kamu berminat untuk download. Entahlah itu digunakan untuk wallpaper, latar desktop kamu, atau untuk diupload ke Instagram story. Tetapi, sayang Instagram tidak sediakan feature untuk unduh video . Maka, mau tidak mau kamu harus memakai program faksi ke-3 .

Selain itu, karena faksi Instagram sempat mengatakan jika, mereka masih tetap ingin menghargakan originalitas atau privacy dari beberapa karya orang. Tidak salah sich memang, karena apa saja video atau foto yang diupload sebagai wujud satu kreasi. Bila kamu masih tetap ingin mengambilnya, sekarang ini telah banyak beragam jenis program yang dapat kamu pakai untuk mendownload video di Instagram. Nach, panduan video Instagram berikut ialah mereferensikan beberapa program untuk unduh video dari Instagram.

Video Unduher for Instagram

Ini sebagai program standard untuk unduh video di Instagram dan sedikit iklan yang paling mengusik. Untuk mengambil video melalui program ini triknya hanya cukup meng-copy-paste link dari content Instagram yang diharapkan. Selanjutnya, video itu langsung akan terunduh

IGTV Videos Unduher

Tentu kamu ketahui kan feature Instagram namanya IGTV ?! Nach, di sini kamu akan mendapati banyak video yang inovatif dan kece. Bila kamu ingin mendownload nya, dapat memakai program ini. Triknya tetap sama, yakni perlu link dari content IGTV yang ingin didownload.

InstDownload

Program ini bisa juga dipakai untuk unduh video dan gambar di Instagram. Triknya serupa dengan 2 program di atas.

SwiftSave for Instagram

Program namanya SwiftSave ini bukan hanya untuk mendownload photo saja, tetapi dapat kamu pakai untuk mengambil video, dan sekalian repost . Maka, tool ini benar-benar ringkas dan kamu tidak perlu kembali program repost lain karena semua sudah berada di pada sebuah program SwifSave.

10Insta.net

Jika kamu ingin download video melalui piranti desktop atau computer dapat memakai 10Insta.net, yang disebut web mengambil video Instagram dengan feature yang simpel. Kamu dapat mengambil video yang kamu harapkan secara mudah melalui web ini.

Triknya kamu cuman mengopi (copy) link dari video itu, selanjutnya paste-kan link-nya di web. Seterusnya click ‘download’ dan kamu langsung akan memperoleh hasil unduhannya buat disimpan di galeri. Karena ini wujud web, 10Insta.net ini juga bisa dijangkau lewat Android, atau IOS.

Dengan referensi tools di atas, memburu content jadi berasa gampang di Instagram. Terutama untuk beberapa content inisiator, program unduh itu benar-benar menolong.

Langkah Unduh Video Instagram

Jika pada panduan video Instagram awalnya mendownload video Instastory atau IGTV memakai program, ini kali ada langkah mengambil video Instagram tanpa program. Satu diantaranya memakai situs browser namanya ‘Downloadgram’.

  • Membuka program Instagram di handphone kamu
  • Mencari video yang ingin diunduh, selanjutnya tab lambang ‘titik tiga’ yang berada di atas kanan video.
  • Lalu langsung tentukan pilihan copy link untuk mengopi video itu.
  • Seterusnya membuka browser Unduhgram. Dapat membuka di sini.
  • Sesudah dibuka langsung paste-kan link yang dicopy barusan di kolom yang ada.
  • Video dapat kamu ambil dengan memencet tombol unduh.

Pola Video Instagram

Panduan video Instagram selanjutnya ialah bagaimana pola video yang betul agar saat diupload hasilnya optimal. Sekarang ini kamu bukan hanya dapat mengunggah video di Instagram story saja, tetapi bisa juga menguploadnya di Instagram TV. Saat sebelum IG TV di-launching, kehadirannya belum juga setenar Instagram story ditambah lokasinya terpisah dari teras.

Tetapi, Instagram mulai mengaturnya supaya beberapa pemakai Instagram dapat melirik IG TV dengan menyisipkan feature itu ke linimasa. Ini dilaksanakan untuk menjala semakin banyak pemakai yang menggunakan dan melihat Instagram TV. Di Instagram TV, kamu dapat mengupload video dengan durasi waktu lebih dari 1 menit.

Instagram awalannya mengaplikasikan pola video dan foto standard sejumlah 612 x 612 pixel. Lantas dipertingkat jadi 640 x 640 pixel. Tetapi, pada Juli 2015 faksi Instagram kembali mengupdate ukuran formatnya jadi lebih besar yaitu 1080 x 1080 pixel. Walau resolusi gambar dipertingkat, tapi rasio gambar tidak berbeda, yakni dengan pola 1:1.

Langkah Repost Video Instagram

Kamu bisa juga merepost posting orang yang lain dipandang memikat buat dibagi ke Instastory. Untuk panduan video Instagram ini kali, kamu perlu memakai kontribusi program tambahan. Salah satunya program yang terpopuler ialah Regrann. Berikut langkahnya:

  • Unduh dan install program Regrann di Playstore.
  • Apabila sudah di-install, membuka feed Instagramnya. Lantas tentukan video atau foto yang ingin di repost.
  • Selanjutnya tentukan pertanda tiga titik di sudut atas kanan. Seterusnya tentukan pilihan Copy Sharing URL
  • Secara automatis Regrann akan terbuka. Lantas tentukan icon Instagram yang berada di pojok kanan bawah program. Selanjutnya kamu dapat mengubah video atau foto itu.
  • Apabila sudah, tentukan tombol Sharing untuk me-repost video itu.

Kelompok Program Ubah Video untuk Instagram

Kebingungan mencari program ubah video yang baik? berikut ada panduan video Instagram referensi program ubah video yang dapat kamu pakai di Android secara mudah dan ringkas. Beberapa program ini tawarkan beragam feature yang sederhana untuk menolong kamu mengubah video secara mudah dan ringkas. Apa program? Berikut penjelasannya:

FilmoraGo

FilmoraGo program ubah video untuk piranti Android yang cukup terkenal. Dengan penampilannya yang pemakai friendly, program ini benar-benar gampang dipakai. Video yang telah usai kamu ubah langsung bisa diunggah ke sosial media apa saja, terhitung Instagram.

Program ini tawarkan feature pemotongan, tambahan topik, pemangkasan, tambahan musik, dan yang lain. Menariknya, FilmoraGo sediakan bermacam pilihan video, dimulai dari 1:1, rasio 16:9, tambahan peralihan, video kebalik, video slow motion, tambahan text, dan lain-lain. Adapula beberapa feature tambahan berbayar yang dapat kamu membeli.

Adobe Premier Klip

Ingin ubah video di Android secara cepat? Adobe Premier Klip jadi jalan keluar yang akurat. Program ini tawarkan feature terbaik yakni kekuatannya saat membuat video automatis dengan photo atau clip yang dapat kamu tentukan.

Disamping itu, masih tetap ada sejumlah fitur yang lain dapat kamu gunakan seperti menggunting, memotong, menambah musik, menambah peralihan, dampak, filter, dan lain-lain. Menariknya, tidak ada iklan apa saja dalam Adobe Premier Klip ini hingga kamu dapat nyaman saat mengubah video. Silakan mengambil aplikasinya di Playstore kamu.

PowerDirector

PowerDirector menyuguhkan sejumlah fitur komplet sebagai editor video. Perlu waktu untuk melatih memakai program ini. Walau demikian, nanti kamu akan rasakan faedah untuk hasilkan video yang professional dengan dampak menarik.

Selain itu PowerDirector sediakan lebih dari 30 jenis dampak dan peralihan dampak yang mengagumkan yang dapat dipertambah ke video kamu. Bahkan juga dengan program ini, kamu bisa juga buat video green screen. Bagus sekali kan! Untuk kamu yang baru memulai, program editor yang ini diperlengkapi dengan video panduan untuk langkah penggunaan semua featurenya.

KineMaster

Panduan video Instagram seterusnya yakni mengubah video dengan memakai program KineMaster. Program ubah video ini tawarkan sejumlah fitur hebat yang dapat kamu akses di handphone Android. Untuk memakainya, kamu bisa juga mengimpor file dari media mana saja dengan mudah dan cepat. Dengan tingkat kendalian dan proses koreksi yang gampang, kamu dapat membuat video professional dengan singkat.

Quik

Masih sangsi dengan opsi awalnya? Coba program koreksi namanya Quik. Program ini tawarkan kekuatan pembikinan atau ubah video secara automatis. Di sini kamu dapat menggunting video, menambahkan text, dampak, dan menyesuaikan semua dengan cepat plus tambahan musik yang kamu ingin.

Video yang kamu bikin di program Quik dapat diletakkan dalam pola ukuran 1080p atau 720p, dan juga bisa langsung dibagi ke Instagram atau ke account sosial media lain punyamu. Quik ini dapat diunduh  dengan gratis di Playstore tanpa iklan satu juga.

Funimate

Funimate ini sebagai program ubah video yang dapat mengganti penampilan videonya jadi terlihat lucu dan hebat. Dari video yang biasa saja, dapat dirubah jadi video yang lebih inovatif dan menarik memakai program Funimate. Penggunaannya juga gampang dan pas untuk beragam video dengan durasi waktu pendek.

Semua panduan video Instagram yang diterangkan di atas dapat kamu kerjakan secara mudah. Selamat mempraktikkan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.