Saat ingin membuka sebuah aplikasi, apakah kamu pernah mengalami Error ini? Bagaimana cara mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll di Windows? Dengan kamu mengetahui solusi atas permasalahan ini, kamu bisa kembali membuka sebuah aplikasi yang mengalami kode error tersebut. Untuk bisa melakukan fix padanya, apa saja penyebab dan penyelesaian masalah ini? Tambah Info kasih tipsnya untuk kamu.

Penyebab Error VCRUNTIME140_1.dll

Program dalam komputer dengan sistem operasi Windows tidak bisa berjalan sendirian. Dia membutuhkan tambahan komponen aplikasi dari luar sistem yang ditambahkan secara sengaja saat instalasi berlangsung. Komponen perangkat lunak ini beragam salah satunya memiliki ekstensi (.) dll. Dynamic Link Library dibutuhkan oleh berbagai program supaya dapat berjalan dengan mulus. Salah satu error yang muncul pada aplikasi Ilustrator yaitu: “The code execution cannot proceed because VCRUNTIME140_1.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem”.

File tersebut terkadang dicurigai oleh sistem keamanan sebagai virus. Karena memang sebagian virus bekerja melalui ekstensi file tersebut agar terlihat samar oleh sistem. Dengan terhapusnya salah satu file bernama vcruntime140_1.dll inilah, penyebab sebuah aplikasi tidak bisa dijalankan dengan benar. Terhapus oleh antivirus bawaan Windows atau pihak ketiga yang diinstal oleh pengguna.

Selain itu, gagalnya proses aplikasi yang berjalan disebabkan oleh memori terlalu penuh atau kerusakan penyimpanan juga menyebabkan Error vcruntime140_1.dll terjadi. Meskipun filenya eksis, tapi tidak bisa terbaca dengan benar. Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan tersebut, bagaimana cara mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll ? Simak beberapa caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll

Beberapa langkah bisa dilakukan setelah mengetahui penyebab permasalahan diatas. Cara-cara dibawah ini dapat membantu kamu menyelesaikan program aplikasi yang tidak bisa berjalan karena masalah vcruntime140_1.dll :

Mengunduh Kembali File VCRUNTIME140_1.dll

  • Cari di Google dengan kata kunci: VCRUNTIME140_1.dll
  • Biasanya dari web dll-files.com
  • Klik download file yang paling baru dengan menunggu beberapa saat
  • Ekstrak file dengan aplikasi WinRAR (klik kanan – Extract Here)
  • Klik kanan, Copy file vcruntime140_1.dll
  • Buka folder: C: > Windows > SysWOW64
  • Jika kamu pakai Windows 32 bit, foldernya C: > Windows > System32
  • Klik kanan, Paste
  • Setelah itu Hidupkan Ulang (Restart) komputer kamu
vcruntime140_1.dll tidak ditemukan

Biasanya menggunakan cara mengatasi masalah Error VCRUNTIME140_1.dll ini, aplikasi seperti Adobe Illustrator bisa dibuka kembali. Namun apabila belum bisa juga, kamu perlu menggunakan cara selanjutnya dibawah.

Instalasi Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

  • Buka: https://docs.microsoft.com/id-ID/cpp/windows/latest-supported-vc-redist?view=msvc-170
  • Klik Visual Studio paling baru
  • Klik X86 untuk komputer Windows dengan arsitektur 32 bit, atau klik X64 untuk komputer dengan 64 bit
  • Setelah terunduh, instal aplikasi layaknya seperti biasa
  • Hidupkan ulang komputer kamu

Proses ini akan memperbarui seluruh komponen Visual Studio termasuk didalamnya mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll yang terjadi. Jika banyak file vcruntime yang menghilang atau Error tidak ditemukan saat sebuah aplikasi dijalankan. Disarankan untuk menggunakan cara ini.

Begitulah, kesimpulan dalam mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll adalah instalasi file dll terkait dan instalasi satu paket Visual Studio paling baru. Lakukan hal tersebut sebelum melakukan usaha instal ulang komputer sebagai cara terakhir. Karena terjadi masalah pada aplikasi dan struktur file di System32/SysWOW64 yang merupakan tempat file .dll berada. Instalasi ulang sistem Windows diperlukan jika instal kembali aplikasi dengan error vcruntime tersebut tidak bisa mengatasi permasalahan diatas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.