Android tawarkan banyak pilihan untuk sesuaikan penampilan dan mempersonalisasikannya, terhitung menukar font di Android. Bila Anda ingin menambahkan font di ponsel, bisa memakai penataan bawaan yang telah ada disiapkan pada beberapa merk handphone atau memakai launcher yang dapat di ambil di Play Toko.

Karena Android terhitung Open Source, untuk lakukan menambahkan dan meng-install font, triknya akan bervariatif bergantung produsen dan versus Android. Beberapa langkah berikut ini bekerja pada piranti Samsung dengan versus Android 9.

Cara Mengganti Font di Android

Tanpa Aplikasi

Beberapa piranti dan versus Android terkini mempunyai penataan bawaan untuk memungkinkannya Anda mengganti font ponsel Android tanpa program. Bila handphone atau tablet Anda tidak mempunyai pilihan ini, untuk mengubah font android Anda membutuhkan launcher.

Bila Anda mempunyai pilihan untuk mengganti penataan font, membuka menu “Penataan” pada piranti Android dengan menggeret panel pemberitahuan dan tekan roda gigi di pojok atas kanan. Anda dapat terhubung menu “Penataan” dari teras handphone.

Di menu “Penataan”, gulir ke bawah dan pencet pilihan “Display”.

Pada Menu “Display” diperangkat Samsung, gulir ke bawah dan click “Font size and model”. Pada handphone lain, mencari saja kata “Font” atau yang serupa bergantung brand-nya.

Pada menu “Font size and model”, pencet tombol “Font Model”.

Anda akan mempunyai daftar font pra-instal yang ada untuk Anda tentukan sesenang hati. Info”Standar” sama dengan namanya ialah font yang Anda pakai pada Android.

Click salah satunya font yang lain ada untuk dipakai. Kemudian secara automatis tanpa perlu me-reboot handphone, font akan berbeda di semua antar-muka piranti Android.

Pemilik piranti Samsung Galaxy bisa memasang font lain memakai Service Samsung Galaxy Toko. Cukup mencari font yang diinginkan selanjutnya pencet tombol ambil di sampingnya untuk meng-install font ke handphone.

Saat font usai di ambil, kembali pada menu “Font model” dan pencet untuk mengganti font yang baru saja didownload.

Memakai Program

Bila Anda tidak bisa menukar font di android memakai penataan bawaan, Anda bisa memakai launcher khusus sebagai tukarnya. Tiga launcher terkenal yang bisa Anda tentukan untuk dipakai ialah Nova Launcher dan Action Launcher dan Smart Launcher 5. Keunggulannya ialah Anda bisa menukar font android tanpa root.

Ke-3 launcher ini akan tampilkan font yang dapat dipakai untuk menukar font bawaan di android, tapi ini cuman akan ada di sejumlah sisi saja. Itu memiliki arti font yang hendak Anda saksikan pada tempat lain di penataan Android dan di program lain tetap sebagai standar Android.

Nova Launcher

Dengan lebih dari 50 juta unduhan, Nova Launcher adalah program launcher Android yang terbanyak dipakai. Cukup hanya diinstall, Anda bisa mengubah font Android yang dipakai di icon program, di lay-out, dan folder.

Untuk mengawali memakai Nova launcher, pada teras Android mencari dan click program Nova Launcher. Selanjutnya pencet program “Nova Settings”.

Untuk mengganti font yang dipakai pada icon di monitor Teras Anda, ketok Home screen > App drawer.

Untuk mengganti Font lay-out bisa diganti dengan click App Drawer > Lay-out. Turuti proses yang serupa untuk mengganti font pada folder program dengan click Folder > Lay-out.

Dalam menu “Lay-out” penampilan sedikit akan berlainan dibanding menu pada langkah di atas, tapi sisi pilihan Font tetap sama.

Di bawah pilihan “Cap”, Anda akan menyaksikan penataan besar font itu. Pencet untuk pilih satu dari 4 pilihan: Light, Condensed, Media dan Normal.

Sesudah tentukan opsi, pencet tombol kembali dan check peralihan font pada icon di program Anda atau di monitor teras

Memakai Action Launcher

Bila Anda memakai Action launcher dan ingin mengubah font bawaan yang dipakai di pada program Anda. Click home dan click program action launcher lalu ketok pada pilihan “Action Settings”.

Di menu seting pada program action launcher, pencet pilihan “Appearance”.

Selanjutnya gulir kebawah dan click pilihan “Font”.

Click font yang dapat dipakai dalam menu Font. Pencet salah satunya pilihan untuk memverifikasi opsi Anda dan click tombol kembali untuk kembali lagi ke program action launcher.

Pada program dan di monitor di home screen Anda akan diganti sesuai opsi font tadi diputuskan.

Memakai Smart Launcher 5

Smart Launcher 5 memungkinkannya pemakai untuk mengganti beragam penampilan pada Android, satu diantaranya ialah menukar font android. Untuk memakainya turuti cara di bawah ini.

  • Unduh Smart Launcher 5.
  • Membuka Smart Launcher 5.
  • Click Global appearance > Font.
  • Tentukan nama font yang ingin dipakai. Secara automatis Smart Launcher 5 akan mengganti font bawaan smarthpone.

Memakai iFont

Alternative satu diantaranya ialah program iFont. Program ini bisa dapat secara mudah menukar font tanpa rooting. Awalnya program ini cuman bisa mengubah font android pada handphone Samsung, tapi saat ini bisa dipakai pada Xiomi, Meizu, HTC, dan Sony. Pada handphone yang tidak di root, beberapa langkahnya seperti berikut.

  • Unduh iFont untuk Android di Google Play Toko.
  • Membuka iFont > Online.
  • Click nama font yang ingin diinstall.
  • Click tombol Ambil.
  • Click tombol Set. Selekasnya font yang baru diunduh akan ada dalam perincian.
  • Click font yang baru di unduh untuk dipakai sebagai font khusus.
  • Secara automatis font handphone Anda akan berbeda tanpa perlu re-boot.

Kekurangan dan Kelebihan Menukar Font HP Android

Beberapa program untuk menambahkan dan meng-install font ada di Google Play Toko. Masih tetap program ini tidak direferensikan karena mayoritas tidak segera dapat mengubah pada mekanisme Android. Beberapa program umumnya memungkinkan Anda mengubah font hasil tuliskan di program pesan seperti WhatsApp. Program lain, ada yang memakai proses yang serupa seperti langkah pertama yakni memasang font dengan manfaatkan Samsung Galaxy Toko . Maka bila Anda tidak mempunyai smartpohe Samsung, program itu tidak ada akan bermanfaat.

Memakai launcher cuman menukar font Android di tempat yang dukungan saja. Contoh dalam games atau di program tertentu memakai launcher untuk menukar font di android tidak ada peralihan.

Tapi dibanding habiskan kouta mengambil program itu untuk mengubah font di Android, lebih bagus bila Anda mempunyai piranti handphone seperti Samsung, dianjurkan untuk mengambil font seperti langkah pertama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.