Tambah.info – Mengatasi Connect Printer Error 0x0000011b terjadi paling sering pada komputer dengan sistem operasi Windows 10. Anda akan menemukan jenis Error atau galat ini ketika melakukan berbagi Pinter. Sharing Printer memudahkan kita dalam melakukan pencetakan dari komputer tanpa perlu mendekat dan mencolokkan printer.

Cukup dengan 1 komputer atau laptop yang terhubung ke Printer. Maka pengguna laptop lain bisa dengan mudah terhubung lalu mencetak dari kejauhan. Fitur Sharing Printer ini mengalami masalah karena ada beberapa hal yang terjadi seperti Bug atau Error pada sistem operasi.

Cara Memperbaiki Connect Printer Error 0x0000011b

Ketika mencoba menghubungkan ke sebuah Server Printer melalui IP Address diikuti nama driver. Pesan Error 0x0000011b muncul ditandai dengan pesan Windows Cannot Connect To Printer. Klik Show Details maka kode tersebut muncul di bagian bawah.

Hal ini disebabkan oleh Update Windows 10 kb5005565. Jika komputer/laptop server maupun client telah melakukan pembaruan ke versi kb5005565 maka keduanya tidak akan bisa terhubung untuk instalasi Printer. Ditambah tidak bisa untuk nge-Print meskipun telah terhubung sebelumnya.

Hal ini seringkali tidak disadari oleh pengguna komputer. Beberapa hari yang lalu bisa digunakan untuk mencetak dari komputer lain. Kemudian tiba-tiba menjadi tidak bisa untuk melakukan pencetakan. Terdapat kesalahan saat menghubungkan ke Printer. Pada saat pertama kali mengkoneksikan untuk instalasi Driver juga terkendala hal tersebut. Update keamanan tersebut membuat perizinan Sharing Printer ditolak. Lalu bagaimana cara memperbaiki Connect Printer Error 0x0000011b ? Berikut ini:

Lakukan Uninstall Update komponen Windows 10. Langkahnya:

  • Buka Control Panel (bisa dengan tekan tombol Windows, lalu langsung ketik Control Panel)
  • Dibagian atas kanan, klik View By. Ubah menjadi Category
  • Klik pada Programs
  • View Installed Update
  • Setelah muncul daftar, klik Kanan pada kb5005565
  • Pilih Uninstall
  • Tunggu proses sampai selesai
    add printer error 0x0000011b

Memperbaiki Connect Printer Error 0x0000011b membutuhkan koneksi internet yang cukup cepat atau stabil. Karena pada saat proses pencopotan pemasangan Update, Windows secara otomatis menambahkan komponen yang kurang saat kb5005565 dibersihkan.

Proses Uninstall update berlangsung cukup lama. Pada komputer All In One milik kami dengan spesifikasi RAM 4 GB prosesor i3 generasi 10 membutuhkan waktu hampir 45 menit. Jika komputer dengan spesifikasi lebih tinggi pasti akan lebih cepat.

Selama proses penghapusan kb5005565, komputer akan restart sampai beberapa kali. Tunggu sabar karena sistem akan membuat Recovery untuk berjaga-jaga ketika proses Uninstall tidak berhasil komputer akan tetap selamat.

Jangan lupa cek pada kedua komputer. Baik Server dimana Printer terpasang, ataupun pada Client yang akan tersambung ke printer. Keduanya perlu di-Uninstall jika terdapat Update Windows kb5005565. Karena kalau hanya satu saja, maka Printer masih akan tetap bermasalah dengan kode 0x0000011b.

Itulah cara mengatasi atau memperbaiki Connect Printer Error 0x0000011b dengan melakukan penghapusan komponen. Setelah melakukan penghapusan, cek pada komputer anda apakah komponen kb5005565 masih ada atau tidak. Jika masih ada, maka lakukan Uninstall dalam Offline mode tanpa koneksi internet. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.