Apakah anda sudah tahu kesalahan Windows 10 KB5006670 ? Update atau pembaruan yang diluncurkan oleh sistem operasi Windows sebenarnya tujuannya adalah baik. Update tersebut biasanya muncul dalam sebutan KB. Setiap periode update pasti diluncurkan untuk menambal keamanan yang beresiko.

Update juga membuat komputer menjadi lebih cepat dan mengatasi berbagai masalah terdahulu. Namun apa jadinya jika pembaruan tersebut malah membuat masalah baru yang mengacaukan pekerjaan anda? Inilah artikel tentang kesalahan Windows 10 KB5006670 sebagai bug.

Apa Kesalahan Windows 10 KB5006670 ?

Update dengan nama KB5006670 dirilis pada bulan oktober 2021 (sejak awal) bertujuan untuk menambah keamanan pada sistem. Akan tetapi apa yang dilakukan oleh Microsoft adalah blunder. Segi keamanan yang ditambal malah berpengaruh pada berbagai koneksi printer.

Printer Sharing Menjadi Error

Tepat setelah melakukan update secara otomatis dilakukan oleh sistem. Anda bakal mengalami masalah ketika melakukan print dari komputer lain yang telah di-Share. Awalnya komputer dapat saling terhubung untuk melakukan pencetakan, kemudian jadi tidak dapat untuk ngeprint. Gejalanya, ketika melakukan print via koneksi LAN atau Wifi, printer diam saja. Tidak ada pergerakan apapun atau seperti tidak terjadi apa-apa. Namun file tetap terkirim ke server menyebabkan masalah selanjutnya.

Queue Print Menumpuk

File yang dikirim ke komputer server tempat printer berada akan menjadi pending. Seharusnya printer mengeksekusi dokumen yang harus dicetak, malah hanya nyangkut pada komputer server saja. Anehnya lagi, file pending tersebut tidak bisa terlihat oleh sistem. Ketika itu juga tidak terlihat Queue dari komputer klien. Barulah ketika di-fix atau diperbaiki, semua Print Queue dicetak secara berurutan dan tidak ada notifikasi apapun. Masalah ini bisa membuat kacau untuk sebuah kantor yang menerapkan satu printer di server yang dibagi.

Tidak Bisa Terkoneksi Printer Error 0x0000011b

Setelah update KB5006670 didapatkan salah satu komputer, baik server maupun klien. Connect untuk Add Printer menjadi tidak bisa. Error ditunjukkan dengan informasi 0x0000011b Windows cannot connect to the printer. Tanpa ada alasan jelas mengapa tiba-tiba tidak bisa terkoneksi setelah update. Ini juga sama terjadi setelah update KB5005565.

Berbagai cara seperti merestart Print Spooler tidak bekerja. Lalu bagaimana solusinya? TambahInfo tunjukkan dibawah untuk anda.

Cara Mengatasi Kesalahan Windows 10 KB5006670

Tidak ada cara lain semudah menghapus pembaruan terinstal (installed update) terkhusus pada KB5006670. Cara ini juga sama seperti melakukan uninstal pada KB5005565. Akan mengatasi masalah yang sama yaitu tidak bisa untuk sharing printer. Langkahnya adalah:

  • Buka Control Panel di komputer
  • Pilih menu Program
  • Klik pada View Installed Update
  • Klik kanan pada KB5006670
  • Uninstal dan tunggu sampai proses selesai

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga proses selesai. Komputer akan menghidupkan ulang beberapa kali. Akan lebih baik jika proses uninstal dilakukan dengan koneksi internet terhubung. Proses ini bisa lebih lama jika dilakukan pada komputer atau laptop dengan kecepatan prosesor yang lebih rendah.

Setelah uninstal selesai, jangan kaget kalau ada Print Queue yang muncul dan printer mencetak sendiri file yang pending sebelumnya. Semoga langkah dalam mengatasi printer ini bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.