Selamat datang di tambah.info kembali. ini kali saya akan mengulas mengenai materi di SMK persisnya pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Semua smk yang ada pada sektor teknologi tentu mempelarinya pada kelas 10. Dengan referensi kurikulum 2013 *koreksi.

Komputer menurut bahasa adalah alat penghitung, tetapi bila disimpulkan secara luas pemahaman dari computer adalah sebuah piranti elektronik yang dipakai untuk membantu tugas manusia. Bukan hanya untuk hitung, komputer dapat dipakai fasilitas hiburan, belajar dan ada banyak kembali peranan dari komputer.

Pengertian dan Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Pengertian dan Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Ada 3 komponen khusus pada sistem komputer, yakni Hardware, Brainware dan Software. Untuk memperjelasnya silakan baca keterangan ini.

  • Hardware, semua komponen fisik komputer yang tersusun dalam sebuah komputer. hardware sendiri dibedakan menjadi dua barisan yakni hardware input, proses dan hardware output. input dipakai untuk memasukkan data yang hendak diolah oleh komputer dan output tampilkan hasil pemrosesan dari komputer. Bila diuraikan komponen input diantaranya: Mouse, Keyboard, scanner, touchscreen, sidik jari dan ada banyak lainnya. dan untuk proses komponen khusus pada cpu selanjutnya untuk output diantaranya: Monitor, printer dan speaker.
  • Brainware, adalah seorang yang menjalankan komputer. orang yang menjalankan komputer ini dibedakan beberapa kelompok pertama ialah programer, selanjutnya ada operator, lalu ada administrator.
  • Software, adalah piranti lunak berbentuk program yang bisa menjalankan perintah dari brainware. software pada umumnya dibagi jadi 2 yakni sistem operasi dan software program.
    • Sistem Operasi : adalah sistem yang mengatur hardware dan software, tanpa adanya sistem operasi, maka brainware tidak bisa menjalan program aplikasi pada komputer, kecuali program booting
    • Software : software atau perangkat lunak adalah data yang di fotmat disimpan, diprogram secara digital dengan fungsi tertentu, perngakat lunak ini tidak memiliki bentuk fisiki, inilah salah satu hal yang membedakan apa itu software dan apa itu hardware

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.